Tuesday, September 11, 2018

Mengganti Nama Email Gmail / Youtube / Google+ Tanpa Menunggu Limit 90 Hari

Mengganti Nama Email Gmail / Youtube / Google+ Tanpa Menunggu Limit 90 Hari

Yo... saya mau berbagi cerita lagi.

Hari ini saya ketemu hal yang berasal dari kesalahan sendiri. Bikin kesel tapi bingung karena kesel sama diri sendiri. Jadi ceritanya kan saya punya akun gmail yang saya gunakan untuk email sehari-hari, untuk akun youtube juga, dan untuk blog ini juga. Nah kebiasaannya google kalau bikin aplikasi semua info profilnya akan sama dengan akun gmail yang kita gunakan. Seperti contohnya nama channel youtube kita akan sama dengan nama yang kita gunakan di akun gmail. Seperti yang saya gunakan email saya ini dengan nama Agus Riza Irawan, di youtube nama channelnya juga akan seperti itu. 

Entah dari mana datangnya iseng saya ini tiba-tiba saya ingin mengubah nama channel youtube saya menjadi "Rizuvart", dan berhasil memang. Belum satu jam berlalu saya berubah fikiran ingin mengubahnya lagi menjadi "Agus Riza Irawan" karena ternyata nama di akun gmail saya ikut berubah (wah kacau). Tapi usaha saya untuk mengubah kembali nama akun saya gagal (seperti gambar di atas) karena ternyata setelah saya cari informasinya memang google membatasi kita hanya dapat mengubah nama akun google sebanyak 3 kali dalam 90 hari. Wah kaget saya masa harus nunggu 90 hari. Hampir setengah jam berlalu saya usaha cari settingannya tetap tidak bisa. Nyari-nyari di blog dan forum-forum pun tidak ada hasil yang memuaskan. Sampai akhirnya saya menemukan satu video di youtube yang memberi tahu cara praktisnya tanpa menunggu 90 hari (di bawah akan saya kasih linknya).

Oke akan saya coba jelaskan langkahnya.

1. Membuka dan Menghapus Google Plus
Tahapan ini memang kita akan menggunakan akun google plus. Lalu buka menu "setelan" (saya pakai google bahasa indonesia). Lalu scroll ke bawah sampai yang paling bawah ada link HAPUS PROFIL GOOGLE+ ANDA. Wah harus hapus google+? Awalnya saya juga kaget. Karena tidak ada opsi lain ya akhirnya saya ikuti (tapi aman tenang saja). Setelah tombol di klik maka akan masuk ke halaman konfirmasi gitu, isinya ada informasi tentang data kita. Apa saja yang akan dipertahankan dan yang akan di hapus. Lalu check yang bagian 'Wajib diisi' (yang atasnya tidak saya check karena saya tidak ingin menghapus yang sudah saya follow di google+). Lalu klik 'Hapus'.


Selanjutnya akan ada tahap seperti gambar di bawah ini (di tahap ini sebenarnya google+ kita sudah terhapus). Untuk form di bawah ini kalian bisa pilih sesuka hati. Say pilih yang ke 4. Lalu klik submit.



2. Membuat Akun Google Plus
Setelah akun google+ kita terhapus. Kita harus membuatnya lagi dengan email yang sama. Buka https://plus.google.com/. Lalu klik 'Gabung dengan Google Plus'. Di sini silakan pakai nama yang mau kita gunakan (tadi saya ingin pakai nama 'Agus Riza Irawan' lagi yang tadinya tidak bisa diubah dari 'Rizuvart').


Selamat!! seharusnya sekarang nama channel youtube dan nama email anda sudah kembali jadi yang kalian inginkan. :)

Selanjutnya saya coba cek data saya (karena khawatir ada yang hilang). Ternyata youtube aman, video tidak hilang. Gmail juga aman. Hanya saja google+ bersih dari timeline yang pernah saya post ikut terhapus, tetapi followers masih ada.

Begitulah cerita hari ini. Semoga bermanfaat :)

Referensi saya:

No comments:

Post a Comment

Jack of the Red Hearts - Movie Review

Jack of the Red Hearts Bercerita tentang seorang gadis berusia 18 tahun bernama Jacquelyn atau biasa dipanggil dengan nama Jack (d...