Sunday, September 9, 2018

Cara Mendapatkan Access Token (scope public_content) Instagram API


Yo,...

Hari ini saya mau menulis tentang cara/tahapan untuk bisa mendapatkan access_token Instagram API. Tahapannya cukup singkat tapi perlu sedikit teliti biar gak salah. Karena seperti yang saya katakan kemarin di artikel sekilas penggunaan instagram api, di situ saya jabarkan jenis dan cangkupan dari instagram API. Kalau salah resisternya nnti takutnya bisa beda jenis atau cangkupannya gak sesuai yang kita inginkan. Tulisan ini saya buat untuk berbagi aja, karena saat saya mencoba mendapatkan access_token agak kesulitan karena tutorial yang ada di dokumentasi Instagram kurang bisa saya mengerti dan blog-blog lain penjelasannya beda-beda dan ada yang kurang sesuai menurut saya (maka dari itu di judul kali ini saya pertegas dengan menambahkan scope dari token yang akan kita dapatkan). Jadi Tulisan ini semoga bisa melengkapi informasi yang kurang itu. Oke langsung saja ke pembahasan.

1. Register Instagram
Yang perlu kita lakukan pertama kali adalah mendaftar. Di sini kalian sudah pasti harus punya akun instagram kalau mau pakai instagram API.    

2. Register sebagai developer
Nah, akun instagram yang kita gunakan harus didaftarkan sebagai developer dengan cara mengisi form yang disediakan di https://www.instagram.com/developer/clients/register/. Lihat gambar di bawah ini. 


Isilah form tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian. Contohnya saya mengisi seperti di bawah ini :

Sebagai catatan, pastikan Valid redirect URIs anda bisa diakses. Karena nanti akan digunakan dalam proses request access_token. Untuk bagian tab Security kalian bisa uncheck Disable implicit OAuth. Fungsinya adalah untuk proses request access_token. Instagram menyediakan 2 cara untuk mendapatkan access_token yaitu Implicit dan Explicit. Di tutorial ini kita akan pakai cara Implicit.

Hasilnya nanti akan seperti gambar di bawah ini. Kalian akan mendapatkan Client ID yang nantinya digunakan untuk mendapatkan token. Klik tombol Manage untuk melihat detailnya.


3. Authentication (untuk mendapatkan token)
Untuk tahapan ini kita akan menggunakan url bar pada browser. Ikuti langkah di bawah ini:

https://api.instagram.com/oauth/authorize/?client_id=CLIENT-ID&redirect_uri=REDIRECT-URI&response_type=token

Ganti CLIDEN-ID dengan Client ID yang didapat dari tahap ke dua tadi. Ganti juga REDIRECT-URI dengan Valid Redirect URIs kalian (kalau saya pakai web saya https://www.byriza.com). Masukkan ke Url Bar di browser dan jalankan (lihat gambar di bawah).


Selanjutnya browser akan otomatis redirect ke URL yang kita tentukan beserta access tokennya (http://your-redirect-uri#access_token=ACCESS-TOKEN). Sebagai catatan, dengan tahapan di atas maka kalian akan mendapatkan API dengan scope "basic" (klik di sini untuk penjelasannya)

Untuk mendapatkan versi scope public_content kalian bisa menambahkan parameter &scope=public_content seperti contoh di bawah ini (yang ini gak banyak yang bahas di blog-blog lain, makanya kadang bikin bingung).

https://www.instagram.com/oauth/authorize/?client_id=CLIENT-ID&redirect_uri=REDIRECT-URI&response_type=token&scope=public_content


Nah kira-kira seperti ini cara mendapatkan access_token Instagram API. Kurang lebihnya mungkin kalau ada yang salah mohon dikoreksi hehe. Di artikel selanjutnya akan saya bahas penggunaan API instagram setelah kita sudah mendapatkan access_token. 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat :)



No comments:

Post a Comment

Jack of the Red Hearts - Movie Review

Jack of the Red Hearts Bercerita tentang seorang gadis berusia 18 tahun bernama Jacquelyn atau biasa dipanggil dengan nama Jack (d...