Monday, October 1, 2018

Jalan-jalan "Murah" Ke Jogja Kurang dari Rp 500ribu

Taman nasional Gunung merapi
Dokumen Primadi

Yo, saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman jalan-jalan saya beberapa hari yang lalu tepatnya pada 16-18 September 2018. Jalan-jalan yang singkat memang, tapi cukup menyenangkan dan "murah" menurut saya. Mungkin ini bisa jadi tips juga buat yang baru mau mencoba jalan-jalan ke jogja. Oke langsung saja.

Pertama : Persiapan
Nah di sini saya tidak terlalu ribet dalam persiapan. Karena saya termasuk orang yang lebih suka yang simpel. Tapi tetap harus ready. Yang perlu kita siapkan yang pasti tiket (bisa kereta/ bus/ pesawat). Tapi karena budget jadi harus cari yang murah tapi tetap nyaman. Akhirnya dipilihlah kereta karena saya tidak suka naik bus (btw saya berangkat dari Jakarta). Untuk kereta berangkatnya saya pilih kereta ekonomi Gaya Baru Malam Selatan dengan harga Rp98.000,- (Pasar senen - Lempuyangan). Sedangkan untuk tiket baliknya saya beli tiket Kereta ekonomi Begawan seharga Rp74.000,-. Selanjutnya penginapan saya pilih yang murah-murah saja saya cari di traveloka dapet homestay seharga Rp54.000, lokasinya di dekat bandara. Kemudian yang terakhir adalah untuk jalan-jalan kita butuh kendaraan (sewa). Saya pilih motor matic agar lebih murah yaitu dengan harga Rp60.000 per hari. Jenis dan merk motor beda-beda biayanya.

Kedua : Rencana Wisata
Ketika persiapan sudah lengkap, kita perlu bikin rencana wisata kita. Jangan sampai udah jauh-jauh ke Jogja tapi di sana cuma tidur doang di penginapan wkwk. Karena rencana jalan-jalan saya di Jogja ini hanya 2 hari, maka saya hanya membuat sedikit catatan. Tempat wisata yang dipilih hanya yang paling dipengenin saja. Ya pengennya sih jalan-jalan ke semua tempat wisata di sana, tapi karena waktu yang terbatas harus dipilih berdasarkan skala prioritas wkwk. Maksudnya di sini pertimbangan waktu, jarak dari penginapan dan jarak dari tempat wisata yang satu ke wisata yang lain.
Nah ini dia list tempat wisata yang saya kunjungi beserta biaya masuk dll.

  1. Taman Nasional Gunung Merapi, Tlogo Muncar (Tiket masuk Rp6.000,-)
  2. Kali Adem (Cukup bayar parkir Rp2.000,-)
  3. Candi Borobudur (Tiket masuk Rp40.000,-, parkir motor Rp5.000)
  4. Malioboro (Parkir Rp3.000)
  5. Pantai Parang Tritis (Parkir Rp3.000)
  6. Total biaya wisata : Kira-kira Rp69.000

Total:

Kereta Berangkat : Rp98.000
Kereta Pulang : Rp74.000
Penginapan : Rp54.000 x 2malam = Rp108.000
Sewa Motor : Rp60.000 x 2hari = Rp120.000
Tempat wisata :  Rp69.000
Keseluruhan (diluar biaya makan) : Rp 469.000,- (per orang)
*saya ke jogja 2 orang.

Dokumen pribadi : candi borobudur
Candi Borobudur
Kaliadem
Pantai Parangtritis

Bunker Kaliadem
Biaya lain-lain seperti makan gudeg, sarapan pecel, makan nasi goreng di deket kampus UIN Jogja itu mungkin ga perlu dimasukin (tapi enak banget wkwk). Untuk video dokumentasi nanti akan saya upload ke channel youtube saya di Channel : Agus Riza Irawan


No comments:

Post a Comment

Jack of the Red Hearts - Movie Review

Jack of the Red Hearts Bercerita tentang seorang gadis berusia 18 tahun bernama Jacquelyn atau biasa dipanggil dengan nama Jack (d...