Thursday, August 23, 2018

Membuat JSON dengan Php

Yo!

Hari ini saya ingin berbagi cerita lagi. Tapi kali ini ceritanya sedikit berfaedah hehe. Awalnya saya mau membagikan cara menampilkan data mengguanakan Php, Mysqli dan Javascript/Jquery/Ajax. Tapi karena data yang akan ditampilkan nantinya berbentuk JSON, jadi saya akhirnya membuat artikel ini terlebih dahulu untuk mendukung artikel selanjutnya.

Masuk ke pembahasan, apa itu JSON? dan gunanya? berdasarkan artikel dari json.org disebutkan bahwa JSON atau Javascript Object Notation adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat oleh komputer. JSON tidak bergantung pada bahasa pemrograman apapun. karena pada dasarnya JSON adalah format text yang bisa dibuat dengan bahasa pemrograman yang umum seperti C, Java, Javascript, Perl, Python, Php dll. Bingung? haha sama.

Singkatnya untuk lebih mudah dipahami, Json adalah format text (seperti yang disebutkan di atas) yang digunakan untuk berbagi data. Terkadang tanpa sengaja kita menemukan file dengan ekstensi .json, nah file itu berisi daa JSON yang berbentuk text seperti contoh di bawah ini.
 
{
  "nama" : "Riza",
  "alamat" : "Jakarta",
  "Kewarganegaraan" : "Indonesia",
  "hobi" : "Makan",
  "followers" : 80 
}

Pada dasarnya (simpelnya) bentuknya seperti itu. Tapi pada kenyataannya kita bisa menemukan format yang berbeda-beda mulai dari yang simpel sampai yang sangat rumit. Tapi tenang, serumit apapun bentuknya, JSON hanya terdiri dari array, object dan value. Nah apa lagi itu? nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya. Selain disimpan dalam file .json, JSON juga dapat dibuat dengan bahasa pemrograman lain seperti pada topik ini kita akan menggunakan Php.

Untuk membuatnya kita perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

1. Xampp
Kita harus menginstall aplikasi Xampp terlebih dahulu dimana aplikasi ini akan menjadi server lokal kita di laptop.
2. Text Editor
Kalau ini sih kalian bisa pakai text editor apa saja, notepad pun bisa. Tapi kalau saya pakai brackets. 

Oke langsung masuk ke tahap selanjutnya. Buat folder di C:\xampp\htdocs\. Beri nama foldernya dengan nama "phpjson" (nama folder bebas sebenarnya, ini hanya contoh saja). Nantinya JSON kita akan bisa di akses di http://localhost/phpjson.

Tahap selanjutnya kita akan membuat database. Kita gunakan Contoh di bawah ini. Buat database dengan nama "sekolah", lalu buat tabel "siswa" seperti contoh di bawah

CREATE TABLE `siswa` (
  `nis` char(6) NOT NULL,
  `nama` varchar(30) NOT NULL,
  `alamat` varchar(40) DEFAULT NULL
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1;

--
-- Dumping data for table `siswa`
--

INSERT INTO `siswa` (`nis`, `nama`, `alamat`) VALUES
('111111', 'James', 'Jakarta'),
('111112', 'Rudi', 'Jakarta'),
('111113', 'Andi', 'Jakarta');

--
-- Indexes for dumped tables
--

--
-- Indexes for table `siswa`
--
ALTER TABLE `siswa`
  ADD PRIMARY KEY (`nis`);
COMMIT;

Selanjutnya kita kan membuat file Php nya. Kita beri nama filenya index.php (ketik sendiri ya.. hehe)



Setelah selesai, kalian bisa mencoba menjalankannya di browser (google chrome/mozilla, dll) melalui http://localhost/phpjson/ 

Selamat mencoba.. 

No comments:

Post a Comment

Jack of the Red Hearts - Movie Review

Jack of the Red Hearts Bercerita tentang seorang gadis berusia 18 tahun bernama Jacquelyn atau biasa dipanggil dengan nama Jack (d...